Inspiratif !! Surga yang Dibeli dengan Harga 1 Dirham


Dalam Kitab Mukhtasar karya Ibnu Abi Jamrah, sebuah ringkasan yang memuat 294 hadits shahih, disaring dari 7397 buah hadits dari Kitab Shahih Al-Bukhari diceritakan salah satu kisah tentang seorang alim yang membeli surga seharga 1 dirham sahaja.
Allamah Ash-Shanawani menuturkan:

Suatu hari, Abu Dawud (As Sijistani), penulis kitab Sunan Abi Dawud sedang menaiki kapal. Kemudian, beliau mendengar seseorang di tepi pantai bersin dan berkata, "Alhamdulillah."
Mendengar hal itu, beliau bergegas ke tepi pantai dengan menyewa sebuah perahu dayung seharga satu dirham untuk menjawab ucapan orang itu. Sesampainya di tepi pantai beliau menjawab, "Yarhamukallah (Semoga Allah merahmati Anda)."

Imam Abu Dawud kemudian ditanya tentang tindakannya itu. Beliau menjawab, "Bisa jadi orang yang bersin tersebut adalah orang yang doanya dikabulkan Allah."
Jawaban beliau tersebut menunjukkan bahwa beliau mengharapkan orang di tepi pantai itu membalas doanya seperti yang biasa kaum salaf lakukan. Sebagaimana dahulu, Abdullah bin Umar menjawab dengan ucapan, "Yarhamuna'llah wa lakum wa yaghfirlana (Semoga Allah merahmati kami dan Anda, dan ampunilah kami dan Anda)"

Selanjutnya, ketika malam hari tiba dan para awak kapal tertidur, mereka mendengar suara bergema, "Wahai para awak kapal! Abu Dawud telah membeli surga dari Allah dengan satu dirham!"

Semoga kisah ini mengingatkan kita kembali untuk meneladani para ulama salaf dalam menjalankan adab ketika sedang bersin. (DOS)
- See more at: http://mozaik.inilah.com/read/detail/2286750/surga-yang-dibeli-dengan-harga-1-dirham#sthash.IAMV5xw3.dpuf

HP ANDROID Kamu Memiliki Tampilan Yg Membosankan? : KLIK!! Download Aplikasi 3D Live Wallpaper Parallax Android Gratis

bfuafib

Post a Comment

Lagi Hangat