Inilah Dua Macam Orang Islam


Islam menempati posisi nomor dua dengan jumlah pengikut terbanyak di dunia. Bahkan bukan hanya di Indonesia, di belahan dunia lainnya juga banyak orang-orang yang memilih Islam sebagai agamanya. Terlebih lagi saat ini telah banyak orang yang berbondong-bondong masuk Islam. 

Akan tetapi diantara banyaknya orang yang beragama Islam, namun ternyata ada dua jenis orang Islam. Hal ini berdasarkan dari keimanan dan ketaatannya dalam menjalankan perintah Allah SWT. 

Inilah Dua Macam Orang Islam

Sejatinya Islam telah mengatur semua sendi kehidupan manusia, sehingga sudah sepatutnya seorang Muslim bisa berperilaku dan bersikap sebagaimana yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Tetapi kenyataannya tidak sedikit orang Islam yang sikap dan kepribadiannya tidak mencerminkan pribadi seorang Muslim. Oleh sebab itu dapat dikatakan bahwasanya orang Islam di muka bumi ini terbagi atas dua macam. Lantas apa sajakah itu ? Berikut penjelasannya.

1. Islam setengah-setengah
Jenis pertama adalah mereka yang mengaku beriman kepada Allah SWT dan utusan-Nya. Mereka menerima Islam sebagai agamanya namun sikap dan kepribadiannya tidak mencerminkan pribadi seorang Muslim. 

Dalam hal ini juga terbagi atas dua macam, yang pertama adalah mereka yang selalu melaksanakan kewajibannya sebagai seorang hamba dengan melaksanakan shalat, berpuasa, berdzikir dan ibadah lainnya. Dimana ia selalu menjaga hubungannya dengan Allah SWT (habluminallah) namun tidak menjaga hubungan baik dengan sesama manusia (hablumminannas).

Kedua adalah mereka yang selalu menjaga hubungan baik dengan sesama manusia namun terkadang lupa untuk menjaga hubungan baik dengan Allah SWT. Biasanya orang-orang yang seperti ini hanya akan mengingat Allah bila sedang berada dalam keadaan yang sulit, namun disaat senang atau bahagia mereka seakan melupakan bahwa Allah SWT lah yang memberikan segala kebahagiaan yang mereka terima.

Selain itu kedua jenis orang ini biasanya akan merasa tidak tenang dan tidak nyaman dalam menjalani kehidupan. Meskipun memiliki harta yang berlimpah,namun sesungguhnya mereka merasakan kekosongan di dalam hatinya. 

Sehingga apabila kedua jenis orang ini tidak bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah SWT, maka kelak di akhirat mereka termasuk ke dalam golongan orang-orang yang merugi. Bahkan bisa jadi termasuk orang-orang yang bangkrut di akhirat. 

2. Islam sepenuhnya
Jenis kedua adalah orang-orang yang meleburkan sepenuhnya kepribadian dan sikapnya kedalam Islam. Mereka tidak hanya menjaga hubungan baik dengan Allah SWT namun juga dengan sesama manusia. Dalam hal ini bahkan seimbang. Selain itu, mereka juga akan menerima segala ketetapan yang telah Allah SWT takdirkan tanpa pernah mempertanyakan, namun terus bangkit menjalani kehidupan. 

Sehingga hati dan pikirannya pun menjadi tenang, sebab ia telah menjalankan perintah Allah SWT dengan sebaik-baiknya. Selain itu mereka bukan hanya akan disenangi oleh Allah SWT dan para penduduk langit, namunorang-orang yang seperti ini juga akan disenangi oleh sesama manusia. 

Oleh sebab itu kelak di hati kiamat mereka termasuk dalam golongan orang-orang yang beruntung, sehingga layak mendapatkan segala keistimewaan dan kenikmatan yang telah Allah SWT persiapkan. 

Sehingga dengan mengetahui hal ini semoga kta bisa mengambil pelajaran. Yaitu menjadi orang Islam seperti yang manakah kita ? Menjadi orang Islan setengah-setengah atau menjadi orang Islam yang sepenuhnya ? Selagi kita masih hidup di dunia, maka masih ada kesempatan untuk kita berubah dan bertaubat menuju kebenaran. Sehingga kelak kita bisa termasuk golongan orang-orang yang beruntung. Amiin

HP ANDROID Kamu Memiliki Tampilan Yg Membosankan? : KLIK!! Download Aplikasi 3D Live Wallpaper Parallax Android Gratis

bfuafib

Post a Comment

Lagi Hangat