Inilah 7 Cara Mengendalikan Dosa


Meskipun merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna, namun manusia tidak pernah luput dari kesalahan dan dosa. Baik yang dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja. 

Akan tetapi sebagai seorang Muslim, sudah seharusnya bila kita berusaha untuk menjauhkan diri dari segala sesuatu yang dapat menjerumuskan pada perbuatan dosa. Sebab bila tidak berhati-hati, maka hal tersebut justru dapat menimbulkan kemurkaan Allah SWT.

Inilah 7 Cara Mengendalikan Dosa

Oleh sebab itulah, diperlukan adanya kontrol diri agar bisa terhindar dari perbuatan dosa. Beberapa sumber bahkan menyebutkan bahwa terdapat 7 cara untuk mengendalikan diri agar bisa terhindar dari perbuatan dosa. Dimana ketujuh cara ini merupakan cara yang sangat mudah untuk dilakukan. Penasaran apa saja ketujuh cara tersebut ? Yuk simak penjelasan dibawah ini. 

1. Kenali musuh
Salah satu strategi penting dalam berperang adalah dengan mengenali musuh. Sehingga semakin banyak mengetahui tentang musuh, maka akan semakin mudah menghadapinya. Begitu pula dengan kehidupan di dunia ini. Sebab kehidupan di dunia ini sejatinya adalah sebuah pertempuran melawan godaan setan yang selalu menyesatkan manusia. Dengan demikian kita perlu mempelajari tentang berbagai cara dan taktik setan dalam menyesatkan manusia.

2. Selalu minta bantuan dan perlindungan Allah SWT
Sebagai seorang hamba kita memiliki akses langsung dengan Allah SWT tanpa adanya perantara. Oleh sebab itu mintalah bantuan dan perlindungan kepada Allah SWT. Sebab sesungguhnya Allah Ta'ala selalu berada disekitar kita. 

3. Luangkan waktu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT
Salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT adalah dengan melaksanakan shalat, membaca Al-Qur'an dan berdzikir. Dengan melakukan hal ini maka kita akan sangat terbantu agar tetap fokus kepada Allah SWT dalam beraktivitas sehari-hari.

4. Hindari situasi penuh dosa
Kemudian cara selanjutnya adalah dengan menghindari situasi penuh dosa. Seorang muslim hendaknya selalu berhati-hati dalam berbuat untuk menghindari situasi yang dapat menyebabkan dosa. Pasalnya dosa bisa menghampiri dalam kondisi apapun dan dimana saja. Sehingga bila berada dalam kondisi yang menimbulkan dosa, maka hendaknya segera pergi dari tempat tersebut.

5. Ketahui konsekuensinya
Dosa merupakan dinding yang memisahkan kita dari Allah SWT. Sebab dosa bisa memperbudak dan menghancurkan hidup kita. Sudah banyak orang-orang yang mengalami kehancuran karena mengejar hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT.
Dengan demikian, saat akan melakukan sesuatu cobalah pikirkan konsekuensi yang akan diterima. Bukankah kita dianugerahkan akal dan pikiran oleh Allah SWT ?

6. Isi pikiran dengan mengingat Allah SWT
Langkah selanjutnya adalah mengisi pikiran dengan senantiasa mengingat Allah SWT. Pasalnya bila hati dan pikiran selalu mengingat Allah Ta'ala, maka dalam bertindak pun kita bisa berhati-hati karena merasa selalu diawasi oleh Allah SWT.

7. Segera bertobatlah ketika khilaf
Tentunya setiap manusia pasti pernah berbuat kesalahan yang jatuh dalam perbuatan dosa. Dengan demikian segeralah bertaubat saat menyadari bahwa kita telah berbuat kesalahan.Pasalnya  Allah SWT adalah Tuhan yang Maha Pengampun, sehingga bila kita menyesali perbuatan tersebut dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi, maka Dia akan menerima taubat tersebut. 

Demikianlah 7 cara mengendalikan dosa yang bisa kita lakukan. Sebagai seorang hamba yang tidak sempurna, maka tidak ada salahnya bila kita mengontrol diri agar bisa menghindari perbuatan dosa. Dengan demikian semoga kita juga terhindar dari murka Allah SWT baik di dunia maupun di akhirat kelak. Semoga bermanfaat. 

HP ANDROID Kamu Memiliki Tampilan Yg Membosankan? : KLIK!! Download Aplikasi 3D Live Wallpaper Parallax Android Gratis

bfuafib

Post a Comment

Lagi Hangat