5 Dampak Berbahaya Bangun Tidur Langsung Mandi


Tidur merupakan salah satu kegiatan penting dalam hidup manusia. Dimana pada saat itu tubuh mengalami fase istirahat dari segala aktivitas yang melelahkan. Sehingga ketika bangun, tubuh kembali segar dan siap untuk menjalankan aktivitas selanjutnya.

Biasanya setelah bangun tidur, kebanyakan orang akan langsung menuju kamar mandi. Meskipun terlihat sepele, namun ternyata kebiasaan ini berpotensi mendatangkan gejala gangguan kesehatan. Pasalnya tubuh yang langsung terguyur air sesaat setelah bangun tidur dapat mengakibatkan kagetnya saraf-saraf tubuh. Sehingga hal inilah yang menyebabkan peredaran darah menjadi tidak lancar. 

5 Dampak Berbahaya Bangun Tidur Langsung Mandi

Dan bukan hanya itu saja, sebab ada 5 dampak berbahaya lainnya yang akan dirasakan jika terbiasa langsung mandi setelah bangun tidur. Penasaran apa saja dampak berbahayanya ? Yuk simak ulasan berikut ini. 

1. Kematian mendadak
Sebagian orang yang memiliki waktu tidur yang tidak cukup, sebaiknya jangan mandi pada pagi harinya. Terlebih lagi bagi Anda yang hanya memiliki waktu untuk beristirahat tidak kurang dari satu jam, maka sangat disarankan untuk tidak terburu-buru mandi pada saat bangun tidur. Bahkan hal ini dianggap sebagai sebuah keguatan terlarang untuk dilakukan apabika orang tersebut tidak memliki waktu istirahat sama sekali.

Pasalnya kondisi tubuh yang dipaksa bekerja terus menerus dapat menyebabkan suhu tubuh bagian dalam mengalami peningkatan. Sehingga saat tubuh tersiram air yang dingin secara mendadak akan menyebabkan kondisi tubuh menjadi tidak stabil dikarenakan terjadinya penurunan suhu tubuh secara spontan. Dengan demikian,apabila daya tahan tubuh sedang berada dalam kondisi yang tidak baik, maka hal ini dapat menyebabkan kematian secara mendadak karena serangan jantung. 

2. Tekanan darah menjadi tidak stabil
Saat tidur kondisi tubuh akan berada pada posisi rileks dimana tekanan darah akan tersuplai ke seluruh bagian tubuh secara merata terutama otak. Sehingga saat terbangun dari tidur dan langsung mandi maka menyebabkan darah akan segera menuju kaki secara mendadak. 

Dimana hal ini dipengaruhi oleh gata gravitasi yang menyebabkan darah mengalir serta terkonsentrasi dibagian bawah tubuh terutama pada kaki. Sehingga mengakibatkan fungsi dan kinerja refleks sistem saraf yang mengendalikan organ tubuh akan mengalami gangguan.

3. Jantung berdebar sangat cepat
Jika tekanan darah tidak stabil maka dapat menyebabkan minimnya suplai darah menuju jantung dan otak. Sehingga akan menimbulkan rasa pusing serta ketidak-seimbangan saat berjalan. Hal ini dikarenakan sel-sel khusus atau baroreceptors yang berada disamping jantung dan juga arteri yang terdapat pada leher akan terus menurunkan tekanan darah. 

Dimana proses penetralan ini dilakukan dengan cara memompa darah lebih banyak untuk mengembalikan tekanan darah pada kondisi normal. Sehingga dampak dari proses tersebut menyebabkan jantung berdebar lebih kencang dari biasanya.

4. Dislokasi tulang pinggul
Biasanya saat kita terbangun di tengah malam untuk ke kamar mandi,  maka tidak sempat lagi berpikir untuk memberikan jeda waktu bagi tubuh sebelum beranjak. Dan apabila hal ini menjadi sebuah kebiasaan dalam jamgka waktu yang panjangm maka dapat berpotensi menyebabkan dislokasi tulang pinggul. 

Dimana dislokasi tulang pinggul ini merupakan gejala dimana tulang pinggul mengalami pergeseran dari posisi sebelumnya atau berada pada tempar yang tidak seharusnya. Umumnya pergeseran tulang ini disebabkan karena terjadi benturan keras pada tubuh. 

5. Tubuh gagal merespon
Ketika tubuh sedang berada dalam kondisi yang baik maka aktivitas mandi yang dilakukan secara langsung saat bangun tidur, tidak akan menunjukkan gejala atau gangguan kesehatan secara langsung. Sebab sistem tubuh memiliki sirkulasi dan kekebalan yang tangguh. Namun kondisi tersebut tidak akan berlangsung lama sehingga dapat berpotensi menyebabkan kegagalan sistem tubuh dalam merespon perubahan kondisi tubuh seperti timbulnya rasa pusing, keringat dingin, lelah dan kesemutan dibagian tertentu.

Demikianlah ulasan mengenai 5 dampak berbahaya bangun tidur langsung mandi bagi kesehatan tubuh. Oleh sebab itu saat bangun tidur sebaiknya jangan terburu-buru untuk mandi. Setidaknya berikanlah jeda sebentar bagi organ tubuh untuk berfungsi kembali. Sebab apabila hal ini dilakukan secara terus menerus, maka dapat memicu timbulnya penyakit yang lebih berbahaya lagi. Semoga bermanfaat.

HP ANDROID Kamu Memiliki Tampilan Yg Membosankan? : KLIK!! Download Aplikasi 3D Live Wallpaper Parallax Android Gratis

bfuafib

Post a Comment

Lagi Hangat