5 Mahkluk Mitologi Terkenal Dalam Islam

Makhluk mitologi merupakan makhluk yang keberadaannya dikisahkan dalam sejarah dan legenda serta memiliki bentuk dan kemampuan yang begitu hebat. Dimana setiap negara, suku bangsa dan agama memiliki makhluk mitologi yang dipercaya.

Seperti halnya agama Islam dimana dalam Al-Qur'an dan hadits, diceritakan tentang beberapa sosok yang dipercaya akan keberadaannya. Bahkan hal ini bersinggungan langsung dengan masalah akidah, sehingga ia harus diyakini sebagai bentuk keimanan. 

Dimana terdapat 5 sosok makhluk mitologi yang keberadaannya dipercaya oleh umat Islam. Bahkan diantaranya diyakini akan muncul di akhir zaman sebagai pertanda bahwa hari kiamat telah dekat.  Lantas seperti apakah makhluk mitologi yang diceritakan dalam Al-Qur'an dan hadits tersebut ? Berikut ulasan selengkapnya. 

1. Buraq
5 Mahkluk Mitologi Terkenal Dalam Islam

Makhluk mitologi pertama yang dipercaya oleh umat Islam adalah Buraq. Dimana buraq ini merupakan kendaraan yang digunakan oleh Rasulullah SAW saat menjemput perintah shalat dari Allah SWT. Buraq berati kilatan cahaya, yang bentuknya digambarkan seperti hewan. Dimana besarnya melebihi keledai namun lebih kecil dari kuda. 

Selain itu buraq diriwayatkan menyerupai makhluk legenda seekor kuda putih yang bersayap burung berbulu. Tapi dalam riwayat lainnya dijelaskan bahwa buraq menyerupai burung putih yang besar. Namun ia berasal dari cahaya. Dalam hal ini para ahli membenarkan bahwa pergerakan yang paling cepat yang mampu membawa Rasulullah SAW ke langit ke tujuh adalah cahaya.

2. Dabbat al-Ard
5 Mahkluk Mitologi Terkenal Dalam Islam

Dabbat al-Ard adalah binatang buas melata yang nantinya akan keluar sebelum hari kiamat. Dimana hewan melata ini akan keluar dari perut bumi tepatnya di kota Makkah di dekat gunung Shafa. Hewan ini akan keluar dan mampu berbicara dengan bahasa yang fasih dan jelas sebelum matahari terbit dari barat. 

Hewan melata ini digambarkan memiliki kepala seperti kepala kerbau, matanya seperti mata babi dan telinganya seperti telinga gajah, kemudian tanduknya seperti tanduk rusa jantan, lalu lehernya seperti leher burung unta dan dadanya seperti dada singa, lalu warna kulitnya seperti warna kulit harimau , kemudian panggulnya seperti panggul kucing, sementara ekornya seperti ekor biri-biri jantan, sedangkan kakinya seperti kaki unta. Dan diantara sepasang persendiannya sejarak 12 ukuran garis lurus. 

Saat keluar nanti, ia akan muncul dengan membawa tongkat Nabi Musa AS dan cincin Nabi Sulaiman AS. Hewan ini akan memukul hidung orang-orang kafir dengan cincin dan akan membuat wajah orang yang beriman menjadi cerah dengan tongkat. Sehingga ia bisa membedakan yang mana orang kafir dan orang beriman.

3. Ya'juj dan Ma'juj
5 Mahkluk Mitologi Terkenal Dalam Islam

Ya'juj dan Ma'juj merupakan sebutan bagi suatu bangsa yang muncul di akhir zaman yang memiliki kekuatan sebagai perusak dan penghancur kehidupan di muka bumi. Kisah mengenai kaum ini bukan hanya terdapat dalam Al-Qur'an, namun juga dalam ajaran agama Yahudi dan Kitab Kejadian umat Kristen.

Mengenai bentuknya, ya'juj dan ma'juj digambarkan dalam bentuk yang ambigu. Dimana ada yang menyebutnya berbentuk manusia, ada yang mengatakan seperti raksasa di suatu bangsa atau negeri. Selain itu Ya'juj dan Ma'juj juga muncul dalam banyak mitos dan cerita rakyat di banyak negara. Dimana Ya'juj dan Ma'juj ini merupakan dua bangsa yang jumlahnya sangat besar. Tetapi mereka masih keturunan Adam sebagaimana dijelaskan dalam hadits Bukhari dan Muslim

Meskipun mereka berasal dari jenis manusia keturunan Adam, tetapi mereka memiliki sifat khas yang berbeda dari manusia biasa. Dimana ciri utama mereka adalah perusak dan jumlah mereka yang sangat besar sehingga saat mereka turun dari gunung maka seakan-akan terlihat seperti air bah yang mengalir. Mereka tidak pandai berbicara dan tidak fasih dengan mata kecil (sipit), dengan hidung kecil dan muka yang lebar serta warna kulitnya merah seakan-akan wajahnya seperti perisai.

4. Imam Mahdi
5 Mahkluk Mitologi Terkenal Dalam Islam

Sosok ini dipercaya akan keluar pada akhir zaman untuk menghancurkan semua kezaliman di muka bumi. Dimana kemunculannya merupakan sebuah pertanda akan datangnya hari kiamat. Sosok Imam Mahdo dipercaya merupakan manusia pilihan Allah SWT yang akan menjadi pemimpin yang adil dan jujur serta menggunakan harta kekayaannya yang berlimpah untuk kemajuan. 

Imam Mahdi berarti seseorang yang memandu merupakan sebuah nama gelar sebagaimana halnya dengan gelar khalifah, amirul mukminin dan sebagainya. Dan nama aslinya adalah Muhammad, persis seperti nama Rasulullah SAW. Bahkan disebutkan pula bahwa ayahnya juga bernama Abdullah seperti halnya ayah Nabi Muhammad SAW. sehingga nama aslinya adalah Muhammad bin Abdullah.

Rasulullah SAW mengatakan bahwa Mahdi berasal dari umatnya yang memiliki kening lebar, hidung mancung dan panjang serta umur kekhalifahannya berumur tujuh tahun. Disamping itu kemunculannya tidak disadari bahkan dirinya sendiri tidak mengetahui bahwa ia adalah Imam Mahdi. 

Imam Mahdi akan muncul saat terjadi banyak perselisihan diantara manusia dan banyak terjadi gempa, saat baitullah akan diserang sehingga pasukan tersebut ditenggelamkan Allah SWT, ketika seseorang akan dibaiat diantara makam Ibrahim dengan sudut Kabah dan ketika suatu pasukan datang dari negeri Syam menuju Baitullah untuk mengejar seorang lelaki yang dilindungi oleh Allah SWT.

5. Dajjal
5 Mahkluk Mitologi Terkenal Dalam Islam

Sosok terakhir adalah Dajjal. Dimana sosok ini digambarkan memiliki cacat pada mata kirinya, ia memliki rambut keriting dan lebat. Selain itu pendapat lainnya mengatakan bahwa mata kanannya buta. Ia berperawakan pendek, berkaki bengkok dengan rambut keriting. Dajjal dipercaya sebagai soosk kafir yang sangat jahat. Sebab ia membawa fitnah terbesar dan tidak ada lagi ujian yang terbesar selain itu. 

Munculnya dajjal dipercaya sebagai tanda bahwa kiamat besar akan segera tiba. Rasulullah SAW menjelaskan bahwa Dajjal akan muncul di sebelah timur negeri Persia yang disebut Khurasan. Sebelum dajjal keluar, umat manusia akan diuji terlebih dahulu dengan kemarau dan kelaparan, selain itu hujan tidak akan turun dan musnahnya pepohonan selama tiga tahun berturut-turut serta hewan ternak pun menjadi mati.

Sosok ini akan memasuki semua negeri dengan membawa kerusakan kecuali di Makkah dan Madinah, sebab kedua kota ini akan dijaga oleh para malaikat. Saat awal kemunculannya ia mengaku sebagai umat Islam, lalu ia mengaku sebagai nabi dan terakhir ia mengaku sebagai Tuhan. Namun dajjal kelak akan dibunuh oleh Nabi Isa AS di kota Lud tepat dipintu gerbang kota Palestina. 

HP ANDROID Kamu Memiliki Tampilan Yg Membosankan? : KLIK!! Download Aplikasi 3D Live Wallpaper Parallax Android Gratis

bfuafib

Post a Comment

Lagi Hangat