Inilah Keutamaan Membaca Bismillah Sebelum Makan


Sejatinya Islam telah mengatur adab-adab makan agar aktivitas makan bisa bernilai ibadah dan berpahala. Salah satunya dengan membaca doa makan. Namun pada kenyataannya tidak sedikit orang yang melupakannya. 

Terlebih lagi disaat perut dalam kondisi yang benar-benar lapar, kita seringkali langsung menyantap makanan tanpa berdoa terlebih dahulu. Padahal hal tersebut sangat dilarang oleh Rasulullah SAW.

Inilah Keutamaan Membaca Bismillah Sebelum Makan

Akan tetapi selain membaca doa makan, Rasulullah SAW juga menganjurkan umatnya untuk membaca Bismillah disaat akan menyantap makanan. Sebab salah satu keutamaannya adalah untuk menghalangi setan ikut makan bersama dengan kita. Dan bukan hanya itu saja, karena ternyata ada keutamaan lainnya yang akan diperoleh jika membaca Bismillah disaat akan menyantap makanan. Lantas apa saja keutamaannya tersebut ? Berikut penjelasan selengkapnya. 

Ketika makan, setan ternyata telah mengincar makanan yang ada dihadapan kita. Dan mereka akan turut menyantap makanan tersebut apabila kita tidak membaca doa  makan atau Bismillah. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, 

"Sesungguhnya setan akan ikut menyantap makanan yang tidak diawali dengan membaca bismillah sebelum makan." (HR. Muslim dan Ahmad)

Hadits ini diawali dari sebuah kejadian, sebagaimana yang diceritakan oleh Hudzaifah Ra bahwa, "Jika kami makan satu nampan bersama Rasulullah SAW, kami tidak berani mengambil makanan sebelum beliau yang mengawali mengambilnya. Dan suatu ketika kami makan bersama Rasulullah SAW, namun tiba-tiba ada seorang anak kecil menyeruduk untuk mengambil makanan, lalu beliau memegang tangan anak tersebut. Kemudian datang lagi orang badui yang juga menyeruduk mengambil makanan, namun tangannya langsung dipegang oleh Rasulullah SAW."

Kemudian Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya setan akan ikut menyantap makanan yang tidak diawali dengan membaca Bismillah. Dan setan datang dengan memanfaatkan anak kecil ini agar bisa ikut menyantap makanan. Dan aku pun memegang tangannya. Lalu kemudian setan datang lagi dengan memanfaatkan orang badui ini agar bisa ikut menyantap makanan. Dan aku pun memegang tangannya. Dan demi Dzat yang jiwaku berada di tanganNya, sesungguhnya tangan setan itu sedang aku pegang bersamaan dengan aku memegang tangan kedua orang ini." (HR. Ahmad dan Muslim)

Demikianlah asal mula turunnya hadits yang memerintahkan Umat Islam untuk membaca Bismillah saat akan menyantap makanan. Dan karena itulah beliau mengajarkan anak kecil agar ketika makan diawali dengan membaca Bismillah.

Sebagaimana diceritakan dari Umar bin Abi Salamah bahwa, "Ketika aku masih kecil dan berada dibawah asuhan Rasulullah SAW, tanganku bersileweran di nampan saat makan. Dan Rasulullah SAW bersabda,  "Wahai anakku, bacalah Bismillah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada dihadapanmu. Selanjutnya seperti itulah cara makanku setelah itu." (HR. Bukhari dan Muslim)

Dan bukan hanya dapat menghalangi setan, dengan membaca Bismillah sebelum makan ternyata juga memiliki keutamaan diantaranya.

1. Membuat kita cepat kenyang dan membawa berkah
Sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Daud dari kakek dari ayah Wahsyi bin Harb bahwa para sahabat Nabi diceritakan pernah mengatakan bahwa mereka telah makan dan tidak merasa kenyang kepada Rasulullah SAW. Dan beliau mengatakan bahwa sebaiknya mereka makan bersama-sama dan berdoa terlebih dahulu kepada Allah SWT dan hal tersebut dapat membuat mereka kenyang.

2. Membaca Bismillah sebelum memulai makan merupakan perintah Rasulullah SAW
Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk membaca Bismillah sebelum makan, kemudian menggunakan tangan kanan dan makan apa yang ada dihadapan terlebih dahulu.

3. Makanan yang tidak dibacakan doa sebelumnya dinilai halal oleh setan
Dalam hal ini setan akan menganggap bahwa makanan yang sebelumnya disantap tanpa membaca doa adalah makanan yang halal bagi mereka. Dan mereka akan menyantap makanan tersebut tanpa halangan dan dengan lahapnya.

Lantas bagaimana jika lupa membaca Bismillah ?

Ternyata jika disaat makan kita ingat belum membaca doa, maka dianjurkan untuk mengucapkan "Bismillah fi awwal wa akhir" yang berarti "Dengan nama Allah di awal dan di akhir". Sebagaimana diceritakan dari Ibnu Mas'ud Ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Apabila salah seorang kamu makan hendaklah mengucapkan bismillah, maka jika lupa mengucapkan bismillah di awalnya, ucapkanlah "Bismillah fii awwal wa akhir. Sehingga ia akan makan seperti dari awal lagi dan setan akan terhalangi untuk ikut makan bersamanya, meskipun sebelumnya dia telah mendapat bagian dari makanan tersebut." (HR. Ibnu Hibban, Ibnu Sunni dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth)

HP ANDROID Kamu Memiliki Tampilan Yg Membosankan? : KLIK!! Download Aplikasi 3D Live Wallpaper Parallax Android Gratis

bfuafib

Post a Comment

Lagi Hangat