Inilah 4 Ciri Keluarga Penghuni Surga


Keluarga merupakan sebuah pondasi awal yang membangun dan membentuk generasi dalam Islam. Sebab berawal dari keluargalah seorang anak memiliki akhlak yang baik atau buruk.

Oleh sebab itu setiap keluarga hendaknya berlandaskan pada Al-Qur'an dan hadits. sehingga keluarga tersebut akan selalu berada dalam naungan Allah SWT. Dengan demikian akan membawa mereka menuju surga.

Inilah 4 Ciri Keluarga Penghuni Surga

Sebagaimana firman Allah SWT dalam surah At-Thuur ayat 21 bahwa akan ada orang-orang yang akan dikumpulkan di dalam surga bersama dengan anak cucu mereka. Namun tidak semua orang bisa mendapatkan keistimewaan ini. Sebab hanya orang-orang tertentulah yang bisa mendapatkannya. Salah satunya adalah mereka yang beriman. Dan inilah ciri-ciri keluarga penghuni surga. 

1. Anggota keluarga tersebut memiliki iman yang kokoh kepada Allah SWT
Ciri pertama keluarga penghuni surga adalah yang anggota keluarganya memiliki iman yang kokoh kepada Allah SWT. Sebab hal ini merupakan modal utama membangun rumah tangga untuk menggapai surga. Pasalnya tanpa landasan iman yang kuat maka keluarga kita bisa terpuruk selamanya. 

Sebagimana firman Allah SWT dalam surah At-Thuur ayat 21 bahwa, 
"Dan orang-orang yang beriman dan anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka (maksudnya: anak cucu mereka yang beriman itu ditinggikan Allah derajatnya sebagai derajat bapak-bapak mereka dalam surge) dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala ama mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya�.

2. Anggota keluarga tersebut gemar beramal shaleh
Ciri keluarga penghuni surga yang kedua adalah mereka yang gemar beramal shaleh. Setiap muslim diwajibkan untuk selalu beramal shaleh. Sebab selain perbuatan yang disenangi oleh Allah SWT, maka pelakunya pun akan diberikan ganjaran berupa pahala yang berlimpah. 

Selain itu ada dua cara yang bisa dilakukan agar setiap anggota keluarga gemar beramal shaleh. 
Pertama, harus ada Qudwah Hasanah atau suri teladan yang baik dari pemimpin keluarga. Tidak bisa dipungkiri bahwa kepala keluarga memegang peranan yang sangat penting dalam membentuk karakter anggota keluarga. Sebab seorang kepala keluarga merupakan suri tauladan bagi anggota keluarganya. Sehingga apabila seorang kepala keluarga bisa memberikan contoh yang baik, maka anggota keluarganya pun akan mengikuti. Begitu pula sebaliknya.

Kedua, saling tolong menolong dalam kebaikan dan kesabaran. Dalam hal ini setiap anggota keluarga harus saling melengkapi agar tercipta kerukunan, perdamaian dan senang untuk beribadah kepada Allah SWT.

3. Saling menasehati dalam kebenaran
Salah satu pintu menuju keistiqomahan adalah saling menasehati dalam haq dan kebenaran. Tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang keimanan seseorang bisa naik dan juga turun. Sehingga dengan adanya nasehat dan motivasi dalam kebenaran antara anggota keluarga dapat memberikan dampak yang baik dan semmangat baru dalam beribadah.

4. Menjunjung tinggi kitabullah dan sunaah Rasulullah SAW
Sebuah keluarga yang menjunjung tinggi kitabullah dan sunnah Rasulullah SAW tentunya akan bertindak dan bersikap sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Sebab mereka selalu berpegang teguh dan menjunjung tinggi apa yang telah ditetapkan dalam Al-Qur'an dan Hadits. 

Demikianlah 4 ciri keluarga penghuni surga. Semoga dengan mengetahui hal ini kita bisa mencontohnya dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kita dan keluarga bisa mendapatkan keistimewaan menjadi salah satu keluarga penghuni surga. Amiin

HP ANDROID Kamu Memiliki Tampilan Yg Membosankan? : KLIK!! Download Aplikasi 3D Live Wallpaper Parallax Android Gratis

bfuafib

Post a Comment

Lagi Hangat