Di Negara Ini Smartphone Dilarang Digunakan

Tags:


Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa smartphone saat ini menjadi salah satu perangkat elektronik yang cukup banyak digilai oleh setiap orang. Bahkan ada beberapa diantaranya yang rela mengeluarkan dana yang tidak sedikit demi bisa memiliki smartphone keluaran terbaru. 

Hal ini dikarenakan ada banyak fitur-fitur canggih yang ditawarkan oleh ponsel pintar ini. Sehingga seiring perkembangan zaman keberadaan ponsel pintar ini seakan menjadi sebuah kebutuhan primer terutama bagi para remaja yang ingin eksis. 

Di Negara Ini Smartphone Dilarang Digunakan

Namun tahukah kamu bahwa ternyata ada sebuah negara yang melarang para pejabat dan pengunjungnya untuk menggunakan smartphone ? Hal ini dikarenakan adanya anggapan bahwa ponsel pintar adalah sebuah alat mata-mata. Sehingga mereka hanya diperbolehkan untuk menggunakan ponsel dasar tanpa kamera atau akses internet. Penasaran ? Berikut informasi selengkapnya. 

Adalah negara Kazakhstan yang memberlakukan larangan penggunaan smartphone bagi para pejabat dan pengunjung yang ingin memasuki kantor-kantor pemerintahan. Aturan ini mulai diberlakukan sejak tanggal 24 Maret 2016. 

Dimana peraturan ini mulai diterapkan sesuai dengan kebijakan baru untuk mencegah kebocoran dokumen sensitif agar jangan sampai diketahui oleh masyarakat umum. Hal ini dikarenakan seringnya ditemukan informasi rahasia yang bocor melalui aplikasi WhatsApp. 

Bahkan laporan lengkap yang berisi tentang bocoran dokumen rahasia ini telah diterbitkan oleh situs-situs berita local, di daerah Tengrinews, KZ. Selain itu dokumen rahasia ini juga telah muncul secara teratur di beberapa media Kazakhstan.  

Dan bukan hanya itu saja, sebab salah satu dokumen rahasia yang terekspos adalah sebuah memo rencana dan privatisasi serta anggaran revisi perusahaan milik negara yang terkait dengan sebuah video kasus penbunuhan.

Oleh sebab itu akibat sering bocornya informasi-informasi rahasia melalui aplikasi mobile WhatsApp, maka pemerintah Kazakhstan pun memerintahkan para pegawai negeri untuk hanya menggunakan ponsel dasar tanpa kamera atau akses internet. Hal ini disampaikan oleh dua sumber pemerintahan kepada Reuters, yaitu sebuah kantor berita yang bermarkas di London, Inggris.

Kazakhstan sendiri merupakan sebuah negara yang terletak di bagian utara Republik Asia Tengah dan berbatasan langsung dengan Rusia disebelah utara, Cina disebelah timur, Kyrgyzstan dan Uzbekistan di sebelah selatan dan Laut Kaspia serta bagian dari Turkmenistan di sebelah barat. 

Aturan Taiwan melarang anak-anak bermain gadget

Selain di Kazakhstan, ternyata Taiwan juga memberlakukan hal yang sama yaitu melarang penggunaan smartphone. Namun aturan ini hanya berlaku bagi anak-anak. Hal ini dikarenakan kebanyakan anak-anak disana lebih memilih bermain gadget daripada bermain bersama anak-anak lainnya. Sehingga ditakutkan hal tersebut dapat menghambat pertumbuhan anak serta merusak kesehatan mata. 

Oleh sebab itu untuk melindungi anak-anak dari hal-hal buruk seperti itu, pemerintah Taiwan pun mengeluarkan larangan untuk anak dibawah 18 tahun untuk bermain gadget atau menggunakan media lokal. Bahkan pemerintah akan mengenakan denda bagi orang tuanya jika anak-anaknya ketahuan bermain gadget. 

HP ANDROID Kamu Memiliki Tampilan Yg Membosankan? : KLIK!! Download Aplikasi 3D Live Wallpaper Parallax Android Gratis

bfuafib

Post a Comment

Lagi Hangat