Inilah Amalan yang Melindungi Anda dari Neraka


Keberadaan surga dan neraka merupakan sebuah janji yang terbesar dari Allah SWT. Dimana surga dijanjikan bagi mereka yang beriman dan beramal shaleh, sementara neraka dijanjikan bagi mereka yang kafir, munafiq, dan fasiq.

Di akhirat kedua tempat abadi ini berada dalam kondisi yang berkebalikan. Surga dengan segala kenikmatan dan keistimewaannya, sedangkan neraka dipenuhi dengan azab dan siksaan yang teramat pedih. Oleh sebab itu, sebagai seorang hamba kita harus bersungguh-sungguh berupaya agar bisa menjadi penghuni surga.
Inilah Amalan yang Melindungi Anda dari Neraka

Selain itu ternyata ada beberapa amalan yang bila dilakukan dapat melindungi diri dari neraka. Bahkan Rasulullah SAW menyebutkan bahwa pelaku amalan ini mendapatkan posisi yang istimewa di hari kiamat kelak. Bukan hanya itu saja, amalan ini juga sangat mudah untuk dilakukan. Sehingga siapa saja pasti bisa melakukannya. Lantas, apa saja amalan yang dimaksud ? Berikut ulasan selengkapnya. 

Dalam sebuah riwayat dari  sahabat Amru bin Murrah al-Juhni mengatakan bahwa ada seseorang yang mendatangi Rasulullah SAW dan ia berkata, "Ya Rasulullah, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah dan engkau adalah utusan-Nya. Aku melaksanakan shalat lima waktu, menunaikan zakat dari hartaku dan berpuasa dibulan Ramadhan."

Mendengar perkataan lelaki tersebut, Rasulullah SAW pun bersabda, "Barangsiapa yang meninggal dalam keadaan seperti itu, maka dia akan bersama golongan para Nabi, Shiddiqin dan Syuhada' di hari kiamat nanti." Beliau pun mengangkat jemari tangannya sambil memperagakan posisi mereka kelak di hari kiamat, yaitu sejajar dan berdampingan. (HR. Ahmad)

Dengan demikian, amalan yang dapat melindungi seseorang dari dahsyatnya api neraka adalah dengan melaksanakan shalat lima waktu, membayar zakat dan melaksanakan puasa di bulan Ramadhan. Namun ternyata Rasulullah SAW juga memberikan syarat lainnya yaitu, "Selagi ia tidak mendurhakai kedua orang tuanya."

Sehingga apabila seseorang yang melaksanakan shalat, membayar zakat dan berpuasa kemudian ia tidak mendurhakai kedua orang tuanya, maka ia berhak terlindungi dari neraka dan mendapatkan posisi yang istimewa di hari kiamat kelak. Sungguh merupakan kenikmatan terbesar apabila kita mampu mendapatkan keistimesaan ini. 

Kemudian dalam kesempatan lain Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Umamah, saat ia bertanya amalan apa yang dapat memasukkan seseorang ke dalam surga, maka Rasulullah SAW pun menjawab, "Hendaklah engkau berpuasa, karena tidak ada yang lebih lurus dari puasa." Kemudian ketika didatangi untuk yang kedua kalinya dengan pertanyaan yang sama, Rasulullah SAW pun menjawab, "Hendaklah engkau berpuasa."

Demikianlah ulasan mengenai amalan yang dapat melindungi dari neraka.  Dengan mengetahui hal ini, semoga Allah SWT memudahkan langkah kita untuk beriman dan beramal shaleh serta istiqomah hingga akhir hayat. Sehingga di hari kiamat kelak, kita bisa termasuk dalam golongan orang-orang yang menjadi penghuni surga. Amin.

HP ANDROID Kamu Memiliki Tampilan Yg Membosankan? : KLIK!! Download Aplikasi 3D Live Wallpaper Parallax Android Gratis

bfuafib

Post a Comment

Lagi Hangat