7 Penyakit Akibat Penggunaan Pasta Gigi


Merawat gigi merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan setiap hari. Sebab bila kesehatan gigi dan mulut terjaga maka kesehatan tubuh pun akan ikut terjaga. 

Umumnya perawatan gigi yang bisa dilakukan semua orang adalah dengan menggosok gigi menggunakan sikat dan pasta gigi. Pasalnya selain murah, kedua kombinasi ini juga dipercaya bisa membersihkan gigi dengan optimal.

7 Penyakit Akibat Penggunaan Pasta Gigi

Namun tahukah kamu bahwa ternyata penggunaan pasta gigi bisa menimbulkan sejumlah penyakit berbahaya ? Hal ini bisa disebabkan karena dua faktor, yaitu kandungan kimia berbahaya yang terdapat dalam pasta gigi serta penempatan pasta gigi yang kurang baik sehingga terkontaminasi virus dan bakteri. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Kanker ginjal
Penyakit berbahaya pertama yang bisa ditimbulkan akibat penggunaan pasta gigi adalah kanker ginjal. Hal ini disebabkan karena adanya bahan kimia yang terdapat dalam pasta gigi, yaitu Dietanolamina. Dimana zat ini bisa menimbulkan busa dalam pasta gigi. Sehingga jika terkontaminasi dalam jangka waktu yang lama, maka bisa menyebabkan kanker ginjal, kanker hati dan ketidak-seimbangan hormon.

2. Gangguan tiroid
Pasta gigi juga mengandung suatu zat yang disebut dengan Triclosan, dimana zat ini sebenarnya berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri dalam mulut. Namun bila salah dalam penggunaan pasta gigi, maka zat ini bisa sangat membahayakan tubuh. Bahkan dari sebuah penelitian diketahui bahwa ternyata bahan kimia ini mampu menyebabkan masalah tiroid, penyakit jantung hingga kanker.

3. Perut kembung
Diantara banyaknya jenis pasta gigi, ada beberapa jenis pasta gigi yang memiliki rasa manis. Hal ini dikarenakan pasta gigi mengandung zat gula didalamnya yang disebut dengan sorbitol. Selain itu zat ini sangat sulit untuk dicerna oleh tubuh yang kemudian dapat menyebabkan diare, gangguan pencernaan, gas dan perut kembung. Selain itu sorbitol ternyata mampu mengurangi penyelamatan lemak di dalam tubuh. 

4. Diabetes
Pasta gigi ternyata juga mengandung aspartame atau gula buatan. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa ternyata zat ini bisa meningkatkan resiko diabetes dan obesitas. 

5. Masalah otak, ginjal dan jantung
Umumnya pasta gigi yang dijual mengandung suatu senyawa yang disebut dengan glikol polietilen. Senyawa ini bila digunakan dalam jangka waktu yang lama bisa menyebakan kerusakan pada otak, ginjal serta jantung.

6. Penurunan kecerdasan
Sebagian kita mungkin telah mengetahui bahwa terdapat kandungan fluoride dalam pasta gigi. Namun kandungan fluoride dalam pasta gigi ternyata bisa mengurangi IQ pada anak. Selain itu apabila digunakan oleh wanita hamil, maka bisa menyebabkan masalah tiroid, kerusakan tulang, masalah perut hingga kanker.

7. Sariawan
Sariawan merupakan salah satu penyakit yang sering ditimbulkan akibat dari penggunaan pasta gigi. Pasalnya  dalam pasta gigi juga terdapat zat kimia yang bertindak sebagai sabun dan dikenal dengan natrium lauril sulfat. Sehingga apabila digunakan secara berkepanjangan,maka zat ini bisa mengakibatkan sariawan, iritasi kulit dan ketidak-seimbangan hormon. 

Demikianlah 7 penyakit yang bisa ditimbulkan akibat penggunaan pasta gigi. Terutama bila penempatan pasta gigi juga tidak baik, maka kuman dan bakteri bisa saja tumbuh dan berkembang di pasta gigi tersebut. Semoga bermanfaat.  



HP ANDROID Kamu Memiliki Tampilan Yg Membosankan? : KLIK!! Download Aplikasi 3D Live Wallpaper Parallax Android Gratis

bfuafib

Post a Comment

Lagi Hangat