TOLONG DI SHARE!!! "PENTING" UNTUK PARA IBU CARA MENGATASIN KELUHAN PINGGANG SAKIT SAAT HAMIL...

Tags:

pinggang sakit saat hamil

Keluhan pinggang sakit saat hamil adalah hal yang sering dialami oleh seorang wanita yang sedang mengandung. Hal ini menjadi satu hal yang sangat mengganggu kenyamanan beraktivitas. Pinggang terasa sakit atau mudah merasa lelah, terlebih ketika memasuki usia trimester ketiga kehamilan.

Penyebab Pinggang Sakit saat Hamil
Ada beberapa penyebab rasa sakit di pinggang yang dirasakan oleh ibu hamil. Janin yang mulai membesar sehingga tubuh janin akan membentang keluar sehingga melemahkan otot yang ada di bagian perut.

Selain itu, aktivitas yang dijalankan oleh ibu juga dapat menyebabkan rasa sakit di area pinggang ini, seperti berjalan, naik dan turun tangga, duduk di kursi terlalu lama, ataupun berguling di tempat tidur. Semua hal ini dapat membuat bagian bawah tubuh atau pinggang itu sendiri terasa nyeri atau sakit. Inilah yang dikenal dengan nyeri Pelvis posterior atau nyeri pada tubuh bagian bawah.

Mengatasi Pinggang Sakit saat Hamil
Rasa sakit yang berkali-kali terasa di masa kehamilan tentu harus menemukan solusinya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi pinggang sakit saat hamil.

1. Memposisikan dengan Sikap Tubuh yang Baik

Merupakan sebuah konsekuensi dari jatuhnya beban yang dialami oleh ibu hamil ke bagian depan. Hal ini karena keadaan janin yang terus berkembang dan semakin bertambah berat. Untuk mencegah bertambahnya berat janin dan membuat ibu hamil membungkuk ke depan maka ibu hamil dapat melatih melakukan sikap tubuh yang baik. Yaitu dengan berdiri dengan tegak lurus, dagu ditarik dengan tinggi-tinggi serta pandangan lurus ke depan. Selama duduk, ibu bisa menempatkan penyokong misalnya bantal kecil di bagian punggung belakang.

2. Memakai Pakaian yang Tepat

pinggang sakit saat hamil 2

pinggang sakit saat hamil 2
Pilih pakaian yang berkerut dibagian perut. (https://s-media-cache-ak0.pinimg.com)
Pakaian yang tepat untuk ibu hamil adalah pakaian yang longgar dan jika ingin memakai celana maka pakailah celana khusus untuk ibu hamil yang memiliki ikat pinggang yang lebih rendah. Pakailah sepatu dengan hak rendah, bukan high heels.

3. Jangan Banyak Mengangkat Benda dengan Berat yang Terlalu Berat

Hal ini memang haruslah selalu diwaspadai. Ibu hamil tak semestinya untuk mengangkat benda dengan berat yang terlalu berat. Jikalau sampai diharuskan untuk mengangkat benda, benda tersebut sebaiknya memang tidaklah terlalu berat. Posisi yang digunakan adalah dengan berjongkok, kemudian mengangkat dengan menggunakan kaki. Janganlah menekuk pinggang karena hanya akan memberikan rasa sakit pada pinggang.

4. Posisi Tidur yang Tepat

pinggang sakit saat hamil 1

pinggang sakit saat hamil 1
Posisi yang tepat menentukan kenyamanan tidur. (http://herbeauty.co)
Salah satu keluhan lain yang banyak dialami oleh ibu hamil adalah sulitnya mendapatkan posisi tidur yang dapat memberikan rasa nyaman. Pilihannya adalah dengan tidur menyamping ke kiri. Bisa juga ditempatkan bantal kecil di bagian bawah perut. Dengan ini, tidur menyamping akan lebih nyaman dirasakan.

5. Menggosok Punggung Perlahan

Mintalah seseorang untuk membantu memberikan gosokan lembut di bagian punggung. Bisa juga ditambahkan dengan olesan minyak sehingga membuat punggung terasa lebih nyaman. Jika diberikan pijatan memang harus dengan pijatan yang lembut agar tidak sampai memberikan pengaruh pada janin dan perkembangannya.

6. Mengikuti Senam Hamil

Ada beberapa gerakan senam hamil yang memang dikhususkan untuk mengatasi rasa sakit di pinggang. Ibu hamil dapat mencoba untuk melakukan senam hamil ini secara rutin. Dikatakan bahwa ada beberapa keluhan yang dapat teratasi dengan melakukan senam hamil ini.

Inilah beberapa cara dalam mengatasi keluhan di bagian pinggang sakit saat hamil. Ibu hamil sebaiknya melakukan beberapa hal ini dengan benar dan tepat agar memang mampu mengatasi keluhan yang dirasakan ini. Semoga bermanfaat bagi Sahabat Abi Ummi. Wallahualam bisawab.

HP ANDROID Kamu Memiliki Tampilan Yg Membosankan? : KLIK!! Download Aplikasi 3D Live Wallpaper Parallax Android Gratis

bfuafib

Post a Comment

Lagi Hangat