Masih Ingat Iklan TV di Tengah Sawah, Ini Loh Jawaban Mengapa TV Bisa Menyala

Tags:

Jika kalian adalah generasi 90an, tentu saja anda akan mengingat salah satu iklan paling legendaris di RCTI, dimana iklan tersebut menampilkan sebuah keluarga yang berada di tengah-tengah sawah sambil menonton TV, hebatnya tv tersebut dapat menyala ditengah-tengah sawah padahal sangat jauh dari pemukiman untuk aliran listrik. Sehingga muncul istilah " Ada yang tahu , bagaimana tv-nya bisa menyala di tengah sawah?"

Pernyataan itu hingga saat ini masih terbayang-bayang dalam pikiran generasi 90an dan masih menjadi misteri akan jawaban dari iklan tersebut? apakah kalian telah menemukan jawabannya? Dilangsir dari Yoechua.com jawabannya dan mungkin saja ini akan menjadi jawaban yang mewakili tanda tanya kalian atas iklan tersebut.

Seperti menilik ke masa depan, iklan RCTI tersebut ternyata adalah cikal bakal ditemukannya sebuah sumber listrik baru dimana sekumpulan mahasiswa pertanian di Universitas Brawijaya telah berhasil merancang inovasi yang mereka sebut sebagai e-paddy dimana tanaman padi persawahan yang mampu menghasilkan listrik.

Mahasiswa yang berhasil merancangnya adalah Dheniz Fajar Akbar, Lisa Normalasari , Yogan Surya Tirta, Tiara Wiranti dan Hamdan Mursyid di bawah bimbingan Dewi Maya Maharan dimana mereka memiliki dasar prinsip dasar dengan menggabungkan prinsi biologi dan juga prinsp fisika.

Salah satu mahasiswa berna,a Dheniz Fajar Akbar mengatakan bahwa pada umumnya tanaman akan menyerap sinar matahari sehingga menghasilkan glukosa dan oksigen melalui proses yang bernama fotosintesis. Oksigen yang dihasilkan akan terlempar bebas ke udara. Glukosa yang dihasilkan tersebut akan diserap oleh tanaman kira-kira 30% sedangkan 70% dar sisa glukosa tidak akan diserap lalu akan dikonsumsi oleh mikroorganisme yang ada di dalam tanah sehingga terurai menjadi h2o, co2 dan elektron.

Untuk dasar prinsip fisika, mereka memasangkan katoda dan anoda disekitar padi dimana anoda yang ditanam didalam tanah akan menangkap elektron sedangkan untuk katoda akan diletakan diluar tanah. Dari kadota dan anoda ini dihubungkan oleh sebuah kabel yang mengalirkan sejumlah elektron dimana pergerakan elektron ini yang nantinya akan menghasilkan listrik.

Jika melihat penemuan mahasiswa Universitas Brawijaya tersebut, maka jawaban untuk iklan legendaris dimana tv menyala ditengah-tengah sawah dengan menglairkan listrik dari tanaman padi tersebut. Bagiamana menurut kalian?

HP ANDROID Kamu Memiliki Tampilan Yg Membosankan? : KLIK!! Download Aplikasi 3D Live Wallpaper Parallax Android Gratis

bfuafib

Post a Comment

Lagi Hangat