Sepuluh Macam Siksaan di Dalam Neraka


Surga dan neraka merupakan dua buah tempat yang dipersiapkan Allah SWT bagi setiap hamba-Nya. Surga diperuntukkan bagi orang-orang yang beriman dan didalamnya terdapat berbagai macam kenikmatan yang tidak akan pernah habis.  

Sedangkan neraka merupakan sebuah tempat yang diperuntukkan bagi setiap orang yang melalaikan dan melanggar perintah Allah SWT. Di dalamnya terdapat berbagai macam siksaan yang tiada henti. 

Sepuluh Macam Siksaan di Dalam Neraka

Dalam Al-Qur'an telah dijelaskan beberapa macam gambaran siksaan yang akan diterima oleh para penghuni neraka. Bahkan siksaan yang paling ringan terasa sangat menyakitkan. Dengan demikian, apa saja siksaan yang akan diterima oleh para penghuni neraka ? Berikut ulasannya. 

1. Api neraka akan menghanguskan kulit penghuninya
Kulit merupakan bagian tubuh yang sangat sensitif. Kelak para penghuni neraka akan dibakar dengan api besar yang menghanguskan kulitnya. Lalu kemudian kulit tersebut berganti dengan kulit yang baru. Namun setiap kali berganti kulit, api neraka terus menyambar penghuninya dan membakar kulitnya. 

Sebagaimana firman Allah SWT dalam surah An-Nisaa yat 56 bahwa, 
"Sesungguhnya orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Kami, kelak Kami akan masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain (baru), supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana."

2. Air yang menghancurkan isi perut
Siksaan berikutnya yang akan diterima penghuni neraka adalah penyiraman hamim ditas kepada penghuni neraka. Hamin merupakan air yang sangat panas. Bahkan karena panasnya yang sangat tinggi, hamim akan menghancurkan semua isi perut mereka.

Sebagaimana firman Allah SWT dlaam surah Al-Hajj ayat 19-20 bahwa, 
"Orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka. Dengan air itu, dihancurkan segala apa yang ada dalam perut mereka dan juga kulit mereka."

Kemudian Imam Tirmidzi meriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Hamim akan dituangkan ke atas kepala mereka dan terus menembus ke dalam perut dan menghancurkan segala apa yang ada di dalamnya, untuk kemudian keluar dari kaki dengan melelehkan semuanya, kemudian orang itu dikembalikan lagi ke bentuk semula." Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan-gharib-shahih. 

3. Penyiksaan di wajah
Wajah merupakan bagian tubuh yang paling mulia dari tubuh seorang manusia. Oleh sebab itulah, Rasulullah SAW melarang kita untuk memukuk atau menampar wajah orang lain. 

Namun salah satu cara Allah SWT memperlakukan para penghuni neraka dengan hina adalah dengan menumpukkan azab diatas wajah mereka. Sehingga pada hari kiamat nanti mereka dalam keadaan buta, tuli dan bisu.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam beberapa ayat Al-Qur'an, diantaranya adalah :

"Dan kami akan mengumpulkan mereka pada hari kiamat (dengan menyeret mereka) pada wajah dalam keadaan buta, bisu, dan tuli. Tempat kediaman mereka adalah neraka jahanam. Tiap kali nyala api jahanam itu akan padam, Kami tambah lagi bagi mereka nyalanya." (Qs. al-Isra': 97)

"Dan siapa yang membawa kejahatan, disungkurkanlah muka mereka ke dalam neraka. Tidaklah kamu dibalas melainkan (setimpal) dengan apa yang dahulu kamu kerjakan." (Qs. an-Naml: 90)

"Andaikata orang-orang kafir itu mengetahui, waktu (dimana) mereka tidak mampu mengelakkan api neraka dari muka mereka dan (tidak pula) dari punggung mereka, sedang mereka tidak pula mendapat pertolongan, (tentulah) mereka tidak meminta disegerakan." (Qs. al-Anbiya': 39)

"Maka mereka dibakar api neraka, dan mereka di dalam neraka itu dalam keadaan cacat." (Qs. al-Mu'minun: 104)

"Pakaian mereka adalah dari pelangkin (ter) dan muka mereka ditutup oleh api neraka." (Qs. Ibrahim: 50)

4. Diseret
Siksaan selanjutnya yang akan diterima penghuni neraka adalah mereka akan diseret diatas mukanya kedalam neraka. Sebagaimana firman Allah SWT bahwa, 
"Sesungguhnya orang-orang yang berdosa berada dalam kesesatan (di dunia) dan dalam neraka. (Ingatlah) pada hari mereka diseret ke neraka di atas muka mereka. (Dikatakan kepada mereka), "Rasakanlah sentuhan api neraka." (Qs. al-Qamar: 47-48)

Pada waktu mereka diseret itu, penderitaan mereka akan bertambah lagi karena mereka diikat dengan rantai dan belenggu "Kelak mereka akan mengetahui ketka belenggu dan rantai dipasang di leher mereka seray diseret ke dam air yang sangat panas, kemudian mereka dibakar dalam api." (Qs. al-Mu'min: 70-72)

5. Penghitaman wajah
Kelak di dalam neraka, Allah SWT akan menghitamkan wajah penghuni neraka. Bahkan karena begitu hitamnya, muka mereka seolah-olah tertutup oleh kegelapan malam yang tidak terlihat. Sebagaimana firman Allah SWT bahwa, 

"Pada hari ketika, ada muka yang putih berseridan ada pula muka yang hitam muram. Adapun orang-orang yang hitam muram mukanya (kepada mereka dikatakan), "Kenapa kamu kafir sesudah kamu beriman? Karena itu, rasakanlah azab sebab kekafiranmu itu." (Qs. Ali 'Imran: 106)

"Dan orang-orang yang mengerjakan kejahatan (mendapat) balasan yang setimpal dan mereka ditutupi kehinaan. Tidak ada bagi mereka seorang pelindung pun dari (azab) Allah, seakan-akan muka mereka ditutupi dengan kepingan-kepingan malam yang gelap gulita. Mereka itulah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya." (Qs. Yunus: 27)

6. Api neraka akan mengelilingi orang-orang kafir
Kebanyakan penghuni neraka adalah orang-orang kafir yang dikelilingi oleh deosa-dosa dan ketidak-taatan mereka, bahkan bagi mereka tidak ada lagi kebaikan. 

Dalam surah Al-Baqarah ayat 21, Allah SWT membantah perkataan orang-orang kafir yang mengatakan bahwa api neraka akan menyentuh mereka hanya sementara waktu. Dalam hal ini Allah Ta'ala menegaskan bahwa siapapun yang melakukan kejahatan dan dibelit oleh dosa, maka mereka akan menjadi ahli neraka. Selain itu mereka kekal didalamnya.

Bahkan dalam surah Al-A'raf disebutkan bahwa mereka memiliki tikar untuk tidur dari api neraka dan diatas mereka ada selimut dari api neraka.

7. Api neraka menjilat jantung mereka
Kelak di dalam neraka, api-api neraka akan menjilat jantung para penghuninya. Api-api tersebut akan menmbus ke dalam tubuh dan menjalar hingga ke bagian-bagian tubuh yang paling dalam. 

Sebagaimana firman Allah SWT, 
"Aku akan memasukkannya ke dalam neraka saqar. Tahukah kamu apa neraka saqar itu? Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan. Neraka saqar itu adalah pembakar kulit manusia." (Qs. al-Muddatstsir: 29)

"Sekali-kali tidak! Sesungguhnya ia benar-benar akan dilemparkan ke dalam huthamah. Dan tahukah kamu apa huthamah itu? (Yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, yang membakar sampai ke jantung." (Qs. al-Humazah[: 4-7)

8. Seluruh isi perut akan terburai di neraka
Dalam sebuah riwayat hadits dari Bukhari dan Muslim disebutkan dari Usamah ibn Zaid bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, 

"Seseorang akan ditarik dan dilemparkan ke dalam neraka pada hari kiamat nanti. Kemudian semua isi perutnya akan keluar dan terburai di dalam neraka, dan ia dipaksa berjalan berkeliling seperti seekor keledai yang menarik sebuah jentera. Penduduk neraka berkumpul di sekelilingnya dan berkata, "Hai Fulan, apa kesalahanmu? Apakah kamu tidak menyuruh kami berbuat baik dan melarang kami melakukan kejahatan?" Ia menjawab, "Saya selalu menyuruh kamu berbuat baik, tetapi saya sendiri tidak melakukannya, dan saya selalu melarang kamu melakukan kejahatan, tetapi saya sendiri sering melakukannya."  Kemudian ia berjalan berkeliling seperti seekor keledai menarik jentera." 

Kelak salah seorang penghuni neraka yang seluruh isi perutnya akan terburai adalah 'Amr ibn Lahiy. Ia merupakan orang pertama yang mengubah agama masyarakat Arab.

Diriwayatkan dari Jabir ibn Abdullah bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Saya melihat 'Amr ibn 'Amir al-Khuza'i menarik isi perutnya sendiri di neraka, dan ia adalah orang pertama yang memulai tradisi sa'ibah (melepas unta betina untuk makan rumput dengan bebas demi berhala)." (HR. Muslim)

9. Diberi rantai, belenggu dan martil
Salah satu janji Allah SWT bagi para penghuni neraka adalah kelak mereka akan diberikan rantai, dibelenggu dan martil. Kemudian belenggu tersebut akan dipasang dileher mereka. Lalu rantai dan belenggu-belenggu itu sengaja digunakan Allah SWT untuk menghukum mereka. 

Sebagaimana firman-Nya bahwa, 

"Sesungguhnya Kami menyediakan bagi orang-orang kafir rantai, belenggu, dan neraka yang menyala-nyala." (Qs. al-Insan: 4)

"Karena sesungguhnya pada sisi Kami ada belenggu-belenggu yang berat dan neraka yang menyala-nyala, serta makanan yang menyumbat di kerongkongan dan azab yang pedih." (Qs. al-Muzammi: 12-13)

"Ketika belenggu dan rantai dipasang di leher mereka seraya mereka diseret." (Qs. al-Mu'min: 71)

Lalu bagi mereka yang mencoba melarikan diri dari neraka, maka akan dicambuk dengan batang-batang besi dan dilemparkan kembali ke bagian neraka paling dalam. 

"Dan untuk mereka cambuk-cambuk dari besi (untuk menghukum mereka). Setiap kali mereka hendak keluar dari neraka lantaran kesengsaraan mereka, niscaya mereka dikembalikan ke dalamnya. (Kepada mereka dikatakan), "Rasakanla azab yang membakar ini." (Qs. al-Hajj: 21-22)

10. Mereka ditemani oleh sembahan-sembahannya dan setan-setan mereka di neraka
Bagi kaum kafir dan musyrik yang memiliki kebiasaan mengagung-agungkan berhala dan bukannya mengagungkan serta menyembah Allah SWT, maka kelak di hari kiamat Allah SWT akan memasukkan sembahan-sembahan mereka kedalam neraka. Hal ini sebagai penghinaan atas mereka agar menyesal dan agar mereka tahu bahwa ia telah sesat. 

"Sesungguhnya kamu dan apa yang kamu sembah selain Allah adalah umpan jahanam, kamu pasti masuk ke dalamnya. Andaikata berhala-berhala itu tuhan, tentulah mereka tidak masuk neraka. Dan (mereka) semua kekal di dalamnya." (Qs. al-Anbiya': 98-99)

HP ANDROID Kamu Memiliki Tampilan Yg Membosankan? : KLIK!! Download Aplikasi 3D Live Wallpaper Parallax Android Gratis

bfuafib

Post a Comment

Lagi Hangat